Sabtu, 13 Desember 2014

MENARA GALATA



Setelah tadi berbicara tentang dua tradisi yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Turki, nah kali ini ane akan posting tentang keindahan Turki yang kagak kalah pentingnye dan yang pasti syarat akan sejarah.

Mau tau ??
Anda penasaran ??
Pantengin terus aje Nyengoons.blogspot.com
Dan ...
The next is Menara Galata atau dalam bahasa Turki biasa disebut Galata Kulesi.

LEAVE YOUR COMMENT
 And
 check this one out ^^

Kemegahan dan keindahan menara Galata

MENARA GALATA merupakan sebuah menara batu yang sudah ada sejak abad pertengahan di distrik Galata, Istanbul, Turki. Menara Galata terletak tepat dibagian utara Tanduk Emas. Dengan ketinggian 66 meter dan diameter 16 meter, tak heran apabila Menara Galata menjadi salah satu icon atau landmark kota yang paling menarik dijadikan sebagai tujuan wisata.

Bangunan menara Galata sudah terlihat diantara bangunan-bangunan di sekitarnya

Dilihat dari jarak yang cukup dekat, menara Galata ini terlihat jauh lebih besar
Berbicara tentang sejarah, pada tahun 1348 Menara Galata ini dibangun sebagai Christea Turris atau Tower Kristus selama masa perluasan koloni Genoa di Konstantinopel. Dan dahulu Menara Galata merupakan puncak dari benteng yang mengelilingi benteng Genoa Galata.

Pada awalnya, Menara Galata didirikan untuk digunakan sebagai menara pengawas pertahanan kota, akan tetapi pada tahun 1717 Kerajaan Ottoman mengalih fungsikannya sebagai menara yang berfungsi untuk melihat sumber kebakaran yang terjadi di kota. Pada tahun 1794, pada masa pemerintahan Sultan Selim III, atap menara yang terbuat dari timah dan kayu serta tangga mengalamai rusak parah akibat terjadi kebakaran. Dan pada tahun 1831 terjadi kebakaran lagi sehingga bangunan lain ikut terbakar dan terjadi kerusakan dibeberapa bagian. Tak berhenti disitu, pada tahun 1875, terjadi badai, sehingga atap yang berbentuk kerucut dibagian atas bangunan menjadi hancur lebur. Hingga pada tahun 1965-1967 topi kerucut asli dikembalikan oleh Republik Turki. Dan puncaknya adalah pada akhir tahun 1960-an, interior kayu Menara Galata digantikan oleh struktur beton yang akan menguatkan struktur bangunan dan pada saat itu juga Menara Galata dibuka untuk umum.

Antrian yang cukup panjang hanya untuk melihat keindahan menara Galata

Hal unik yang dimiliki Menara Galata adalah tersediannya restoran dan kafe-kafe kecil dibagian atas menara, dengan hidangan khas ala Turki. Pengunjung tidak perlu khawatir untuk menuju puncak menara Galata, sebab di area tersebut menyediakan lift yang siap membawa pengunjung untuk menikmati keindahan kota Istanbul dan selat Bosphorus yang terhampar luas di bawahnya. #Kalo ini mah di Surabaya juga ada #Masjid Al-Akbar Surabaya #Hehe

Nah buat kalian yang ngakunya Turki LOPERS, bangunan ini cocok untuk dijadikan menu utama yang wajib dikunjungi. Tapi kalo kejauhan yah minimal kunjungi aje lah Masjid Al-Akbar Surabaya, paling cumin beda masakannya aje, naik liftnya juga murah sekitar Rp 4.000 – Rp 6.000. #LOL #Promosi bentaran kagak ape-ape kan ye :D


2 komentar:

  1. Menara galata merupakan menara yang luar :)

    BalasHapus
  2. aku mau tanya donk fungsi dari menara galata pada zaman dahulu untuk apa? mohon infonya donk :)

    BalasHapus