Sabtu, 13 Desember 2014

ADU UNTA



Hai Hai everybadeh…
Im come back NyengLOPERS :D
Hemm setelah sekian abad lamanya terkurung di Gua Himalaya, akhirnya ane muncul juga ke permukaan Hoho
Oke langsung ke topik pertama yang akan ane bahas kali ini yaitu
CAMEL WRESTLING atau ADU UNTA

Penasaran ??
Pantengin terus aja blog ketcjeh ini, dijamin penasaran ilang justru tambah pengetahuan #ceille bahasa ane #hehe
Oh iya jangan lupa tinggalkan komentar ente-ente pada ye khususon buat NyengLOPERSku ^^

Check this one outttt :*

Dua unta jantan sedang bertanding di lapangan


Setelah kemarin ane posting tentang berbagai masjid yang ada di Turki, mulai dari yang tua sampai yang muda sekalipun sudah ane bahas, yah meskipun belum semua ane bahas, karena keterbatasan informasi yang ane dapet, jadinya itu dulu yang ane posting.

Sekarang ane akan posting sedikit tradisi-tradisi yang ada di Turki, salah satunya yaitu Adu Unta atau Camel Wrestling.

Adu unta atau Camel wrestling merupakan olahraga tradisional yang sangat terkenal dan popular di sepanjang Barat Turki. Tradisi olahraga ini sendiri sudah ada sejak 2.400 tahun yang lalu. Tetapi olahraga ini hanya dikhususkan untuk unta jantan saja, karena di dalam olahraga ini sang jantan harus bisa mendapatkan hati unta sang betina.
Unta-unta dipersiapkan oleh tuannya untuk melakukan pertandingan di arena

Hal yang sangat unik di dalam tradisi olahraga adu unta adalah setiap unta jantan yang akan mengikuti pertandingan ini harus berpakaian megah, karena hal ini mampu menunjukkan kekuatannya kepada sang lawan. Setelah itu sang unta juga memakai beberapa kain yang berwarna-warni dengan berbagai ornamen yang menghiasi badan sang unta, pelana yang diukir, serta terdapat lonceng yang gemerincing ketika unta-unta tersebut melompat. Hal ini menambah keunikan tersendiri didalam tradisi olahraga adu unta yang mendunia di Bumi Turki ini.

Beberapa pasang aksesoris yang menempel di badan si unta
Terlihat juga sang unta memakai kain yang berwarna-warni disertai dengan bebrapa aksesoris yang melekat di badannya, dan tak lupa penutup mulut guna meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan

Alasan pertandingan yang sebenarnya pada adu unta ini adalah sebagai ajang pamer kekuatan unta jantan untuk menarik perhatian unta sang betina. Tugas masing-masing unta jantan yang bertanding adalah meyakinkan unta betina untuk mengaguminya. Dan pada pertandingan adu unta ini, unta akan dinyatakan kalah apabila salah satu darinya meninggalkan arena pertandingan dan unta yang bertahanlah yang akan menjadi pemenangnya.

Meskipun terkadang unta-unta tersebut sulit untuk bergelut, karena memang pada dasarnya unta tidak terlahir sebagai hewan aduan. Akan tetapi disinilah letak para “tuan” unta harus menunjukkan kepiawaiannya untuk melatih sang unta.

Unta sendiri tidak memiliki sifat yang agresif, sehingga pertandingan adu unta ini justru terlihat sebagai ajang komedi dibandingkan dengan pertempuran yang berdarah-darah.

Unta-unta sedang berbaris di jalanan kota menuju tempat berlangsungnya pertandingan
Karena keunikan yang dimiliki tradisi adu unta ini, banyak wisatawan baik luar maupun lokal yang sangat menanti-nantikan pertunjukan yang sangat memukau setiap pasang mata yang menyaksikannya.

1 komentar:

  1. Kasihan untanya yang di adu daripada di adu mending saya pelihara :D

    BalasHapus