Sabtu, 13 Desember 2014

SAFRANBOLU



Selanjutnya beralih ke kota tua SAFRANBOLU
Kalo ente-ente pingin punya tempat tinggal yang bergaya Ottoman, boleh dicoba dan dipraktekin nih di rumah masing-masing :D
Dijamin ente bakal ngerasa hidup di Turki #hoho

Lets goooo !!! 

Enjoy reading and leave your comment ^^

Peta kota Safranbolu

Nuansa merah bata dan putih mendomminasi bangunan-bangunan cantik ini
SAFRANBOLU merupakan sebuah kota tua yang memiliki ciri khas bergaya Kekaisaran Ottoman dan bertahan sampai sekarang. Memiliki gaya arsitektur bangunan dan jalan di lingkungannya tercipta berdasarkan standar arsitektur perkotaan dalam periode Kekaisaran Ottoman. Terletak di Provinsi Karabuk di wilayah Laut Hitam, Turki, sekitar 200 km utara dari Ankara dan sekitar 100 km sebelah selatan dari pantai Laut Hitam, atau lebih tepatnya sekitar 9 km sebelah utara dari Kota Karabuk. 

Suasana malam yang sangat cantik dan indah di kota Safranbolu
Ciri khas tersendiri yang dimiliki Safranbolu adalah bangunan-bangunan yang didominasi oleh bangunan berkerangka kayu dan dinding bercat putih dengan kontur tanah yang berbukit-bukit. Adanya gang-gang kecil yang bernuansa Eropa pada masa lampau semakin menambah keindahan kota tua ini. Pada tahun 1994 kota Safranbolu mendapatkan status dari UNESCO World Heritage Site karena masih bisa merawat dan mempertahankan rumah bergaya Ottoman hingga sampai saat ini.

Rumah-rumah bergaya Ottoman yang masih tetap terjaga dan terawat di kota Safranbolu
Gang-gang kecil di kota Safranbolu
Gang-gang kecil di kota Safranbolu yang terlihat sangat bersih dan rapi
Karena Safranbolu adalah tempat perdagangan dan pusat untuk dapat ditumbuhi saffron, dan bahkan di desa Davutobasi, 22 km sebelah timur dari Kota Safranbolu masih ditumbuhi saffron. Tak heran apabila Safranbolu menjadi salah satu penghasil saffron dengan kualitas terbaik dan terbesar di dunia. Safranbolu mendapatkan namanya yang berasal dari kata Saffron-pollis atau Kota Saffron.

Panorama kota Safranbolu yang bisa dilihat dari Historical Museum of Safranbolu dan Hidirlik Hill
Pemandangan seluruh kota Safranbolu juga bisa terlihat dari atas bukit dengan mengunjungi Historical Museum of Safranbolu (berwarna kuning terang), dan juga bisa melalui Hidirlik Hill. Kedua tempat ini saling berseberangan di puncak bukit dan dipisahkan oleh lembah. Dan disana juga terdapat Hamam, yaitu pemandian khas ala Turki di Tarihi Cinci Hamam (Historical Cinci Bath) yang letaknya tepat berada di pusat kota Safranbolu. Makanan berbahan dasar saffron di kafe-kafe kecil disekitar juga tersedia. Dan biasanya orang-orang asli Safranbolu akan menikmati kelezatan makanan tersebut sambil menikmati pemandangan alam di sekitar, karena menurutnya hal itu sangat sayang apabila dilewatkan, karena kesibukan di kota Safranbolu hanya bisa dinikmati hingga magrib tiba.
 

2 komentar:

  1. SAFRANBOLU merupakan sebuah kota yang indah tetapi masih indah kota solo :)

    BalasHapus
  2. apakah SAFRANBOLU merupakan kota tertua di turki? mohon infonya donk :)

    BalasHapus