Sabtu, 13 Desember 2014

TELUK TANDUK EMAS



Postingan selanjutnya, ane akan membahas mengenai TELUK TANDUK EMAS
Inget Teluk Tanduk Emas bukan Tanduk Banteng :o

Oke langsung ke pembahasan dan satu yang selalu ane pesen kepada ente-ente sekalian khususon NyengLOPERSku,
Tinggalkan komentar yeee :D ane butuh butuh butuh sangatttt komentar ente-ente pada,terserah dah mau komen apa pokoknya komennn, kalo kagak mau komen yah minimal kunjungi blog ini aje, tapi yang sering ye biar enak-an gitu dilihat hehe ^^


Check this one outttt !!!



TELUK TANDUK EMAS atau dalam bahasa Turki biasa disebut Halic atau Atin Boynuz, dalam bahasa Yunani disebut Khrysokeras merupakan muara pemisah yang memisahkan antara kota Istanbul dengan Laut Marmara. Tanduk emas sendiri berbentuk semenanjung dengan memilliki pelabuhan alam. 

Pada awalnya, tanduk emas dijadikan sebagai markas besar angkatan laut oleh koloni Yunani Kuno sebagai kota Byzantium. Oleh karena itulah, tembok sepanjang garis pantai dibangun yang berguna untuk melindungi kota tersebut dari serangan musuh.

Rantai yang digunakan untuk membatasi area perairan masih tersimpan dengan rapi
Di area jalan untuk memasuki tanduk emas terdapat sebuah garis besar yang terbuat dari batang kayu dan rantai, hal itu digunakan untuk membatasi area perairan untuk mencegah adanya kapal asing yang masuk tanpa izin. Dan terdapat tiga peristiwa upaya pemutusan rantai ketika melewati tanduk emas tersebut, antara lain yaitu :
  • Pada abad ke-10 SM, pada saat para prajurit Pangeran Kiev menarik kapalnya keluar dari Selat Bosphorus, mengelilingi Galata dan meluncurkan kembali ke tanduk itu. Kekaisaran Byzantiu dapat mengalahkan mereka dengan menggunakan Greek Fire (senjata khas milik Yunani).
  • Pada tahun 1204 M, selama perang salib IV, kapal-kapal milik Vanesia bisa memutuskan rantai tersebut hanya dengan menggunakan alat pelantak.
  • Pada tahun 1453 M, saat pasukan Muhammad Sultan Al- Fatih menggempur Konstantinopel. Pada awalnya Sultan tidak berhasil memutuskan rantai itu, hingga Sultan memiliki pemikiran untuk menyeberangkan kapal sebanyak 70 kapal perang Turki dengan melewati perbukitan. Hingga pada akhirnya, kota benteng yang tidak pernah takluk di tangan manapun itu akhirnya takluk dan jatuh ke tangan kaum muslimin.
Muhammad Sultan Al-Fatih, pemimpin yang mampu menerobos benteng berantai
Keindahan Teluk Tanduk Emas ini bisa dilihat dari Menara Galata, sedangkan Jembatan Galata bisa dilihat dari bagian tengah dan Istana Topkapi bisa dilihat dari ujung kiri semenanjung bersejarah tersebut. 

Setelah Byzantium (Konstantinopel) jatuh ke tangan kaum muslim (dipimpin oleh Muhammad Sultan Al-Fatih), orang-orang Yunani, Yahudi, dan orang-orang yang non muslim mulai tinggal di sepanjang tanduk tepatnya di distrik Phanar (Fanar) dan Balat. Pada saat itu, semua yang berada di tempat itu mendapatkan perlindungan dari Kesultanan Utsmaniyah. Hingga pada sampai saat ini tanduk emas masih didiami di kedua sisinya. Di sepanjang pantai juga terdapat taman dan pemakaman muslim.

Ada satu cerita yang sangat menarik di balik kata Tanduk Emas, yaitu sejak zaman dahulu Konstantinopel menjadi salah satu kota yang paling penting di dunia, dengan keunikan dan kemegahannya, sehingga Napoleon Banaparte sampai mengatakan “seandainya dunia itu satu kerajaan, tentulah Konstantinople layak sebagai ibukotanya”. 

Tetapi ……
Yah gantung banget yah postingan kali ini, sebenernya kagak juge sih, soalnya kalo ini artikel ane terusin sampe habis, artikel lainnya kagak kebagian dong :?

Nah untuk ente-ente pada yang masih penasaran dengan kelanjutan ceritanye, setelah ini ane akan bahas dan satuuuu lagi tinggalkan jejak hidupmu dulu ye NyengLOPERS :D

Bye ……………………………
Bye ……………………………
^^,

5 komentar:

  1. teluk tanduk emas merupakan tempat yang luar biasa untuk di kunjungi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yapsss sangat luar biasa, disini kamu bakal nemuin hal-hal yang memiliki nilai sejarah yang amat sangat tinngi dan dijamin pasti kalo mas bro punya kesempatan terbang ke tempat ini, bisa dipastikan mas bro kagak bakalan mau balik ke Indonesia #LOL #tetep cinta Indonesia Hehe :)

      dan kalo mas bro pingin tau tentang kota Konstantinopel dan siapa Muhammad Sultan Al-Fatih, tempat inilah jawabannya :D

      THANKS FOR YOUR COMMENT untuk kesekian kalinya hehe :D :D :D

      Hapus
  2. apa di indonesia ada teluk yang hampir mirip seperti teluk tanduk emas? mohon infonya donk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo itu ane kurang tau ya mas bro, entaran deh kalo ada waktu luang ane cari informasinya, soalnya ini juga lagi padet-padetnya tugas Kuliah hehe :)

      maaf ye mas brroh :D

      oh iya Thanks for your comment :)
      komennya mas bro sangat membantu sekali terhadap tugas kuliah ane hehe :^^

      Hapus