Rabu, 19 November 2014

KUIL ARTEMIS



KULI ARTEMIS
Ehhh kok kuli ?? yaaa kenapa mesti typo lagi coba :I
Yang bener itu KUIL ARTEMIS
Yaps postingan selanjutnya ane akan bahas tentang kuil artemis.
Apa itu kuil artemis?? Penasaran ??
Silahkan simak dan tinggalkan komentar ente yess :)





Kuil Artemis dalam bahasa Yunani yaitu ρτεμίσιον Artemision, dan bahasa Latin yaitu Artemisium. Kuil artemis merupakan kuil Yunani yang didirikan untuk Artemis, sekitar 550 SM di Efesus dibawah dinasti Achaemenid dari kekaisaran Persia, lebih tepatnya berada di Asia Kecil kota Ephesus,Turki. Di peta masa kini, lokasinya berjarak 50 kilometer dari Izmir di Turki. 

Konon katanya kuil artemis merupakan persembahan bagi dewi agung artemis Diana. Dan pada saat itu warga yang berada di Ephesus menganggap dewi agung artemis Diana sebagai dewi kesuburan.

  
Bentuk miniatur Kuil Artemis
Bangunan ini memiliki 127 pilar yang sangat kuat dengan tinggi masing – masing pilar 20 meter, sedangkan panjang kuil kurang lebih sekitar 180 meter dan lebar 30 meter. Serta keseluruhan bangunannya dilapisi oleh batu marmer, dan juga di dalamnya terdapat patung – patung yang terbuat dari perunggu. Karena kemewahan serta kemegahan yang dimiliki kuil artemis ini dan pastinya nilai – nilai sejarah yang terdapat di dalamnya, maka tidak heran lagi kalau bangunan ini termasuk sebagai tujuh keajaiban kuno di dunia.

Terdapat beberapa arsitek yang tercatat sebagai perancang kuil artemis, akan tetapi mereka hidup di masa yang berbeda – beda, hal itu disebabkan karena kuil artemis ini sempat hancur dan dibangun kembali di masa yang berbeda. Arsitek tersebut diantaranya adalah Chesiphron dan Metagenes (600 SM), Theodorus (550 SM) dan Scopas dari Paros (320 SM).

Puing-puing bangunan Kuil Artemis yang masih tersisa dengan keadaan yang hampir semuanya hancur



Konon kuil ini pernah dibakar oleh seseorang yang bernama Herostratus. Dia melakukannya agar namanya terkenal dan tercatat dalam sejarah. Sehingga kemarahan warga Ephesus sudah tidak terbendung dan pada akhirnya menghukum Herostratus. Karena kebencian yang amat mendalam tersebut, penduduk Ephesus tidak boleh menyebut nama pemuda itu. Siapa yang melanggar akan mendapat hukuman juga.

Namun sangat disayangkan kuil artemis yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban kuno di dunia ini sudah tidak bisa kita lihat kemewahan serta kemegahan bangunannya. Kita hanya bisa melihat puing – puing yang berserakan serta beberapa pilar yang masih utuh meskipun tidak banyak. Hal ini diakibatkan karena adanya kerusuhan, peperangan serta usia kuil yang semakin memperburuk kondisi bangunan kuil artemis.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar