Kamis, 20 November 2014

MASJID YENI VALIDE



Berhubung minggu besok ane sibuk dengan tugas-tugas kuliah, jadinye ane kasih bonus artikel seperti yang kemaren ane janjiin ke ente-ente pada sekarang ini juga.

Yupss yupss kali ini seputar masjid indah yang ada di Turki akan ane kupas dan bahas, jadi pantengin terus ini blog ketcehh ye ^^
Masjid pertama yang akan ane bahas adalah Masjid Yeni Valide.

Masjid Yeni Valide dilihat dari kejauhan


Masjid Yeni Valide atau dalam bahasa Turki disebut Yeni Valide Cami ini merupakan masjid peninggalan kesultanan Utsmaniyah. Terletak di Istanbul, Turki tepatnya berada di Eminonu di Golden Horn di bagian selatan jembatan Galata.

Masjid Yeni Valide dibangun pada tahun 1597 atas perintah Safiye Sultan yang merupakan istri dari seorang sultan utsmaniyah yaitu Sultan Murad III. Arsitek yang mengerjakan masjid ini adalah Davut Agha (murid arsitek terkenal asal Turki yaitu Mimar Sinan). Akan tetapi Dayut Agha meninggal dunia sebelum menyelesaikan masjid Yani Valide, sehingga pembangunan diteruskan oleh Dalgic Ahmed Agha yang kemudian disiapkan oleh Mustafa Agha pada tahun 1663 disaat pemerintahan Sultan Mehmed IV, dan diresmikan pada tahun 1665.




Arsitektur kubah masjid Yeni merupakan penggabungan dari tiga masjid di Turki yaitu masjid Sultan Ahmed, masjid Sehzade, dan Sedefhar Mehmet Agha. Dan arsitek yang menanganinya adalah Sinan. Ciri khas yang dimiliki masjid Yeni Valide yaitu ketinggian kubah yang menyerupai piramid. Dan juga terdapat kubah kecil yang memiliki suatu garis pusat sekitar 17,5 m dengan ketinggian 36 m.

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh masjid Yeni Valide adalah adanya sebuah pemancuran yang sangat indah di area air wudhu yang letaknya berdiri di halaman besar, dan juga terdapat pondok sultan yang dihiasi dengan jubin yang mengagumkan Iznik.

Suasana di dalam Masjid Yeni Valide
Keindahan desainnya yang sangat menakjubkan, disampingnya juga terdapat mimbar masjid
Beberapa lampu kecil yang menjadikan Masjid Yeni Valide semakin terang dan bercahaya

Pada awalnya masjid Yeni Valide dan Selat Bosphorus merupakan dua tempat yang tidak dapat dipisahkan, dan bahkan masjid Yeni Valide sempat diitari oleh tembok tinggi yang menjulang. Hingga pada abad ke-19 M, tembok tersebut ditiadakan, dan dengan ditiadakannya tembok tersebut serta dibangunnya jembatan Galata, menjadikan lingkungan masjid Yeni Valide dipenuhi oleh took dan kios yang tentunya menambah jumlah pengunjung atau wisatawan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar