Kamis, 20 November 2014

MASJID SULAIMAN



Berikutnya adalah Masjid Sulaiman...


MASJID SULAIMAN atau yang biasa disebut Sulaymaniye Camii terletak di Istanbul, Turki. Masjid Sulaiman dibangun pada tahun 1550-1557 atas perintah Sultan Sulaiman I. Dan arsitek yang membuat masjid ini adalah Sinan Pasha yang merupakan arsitek terbesar pada masa kekaisaran Ottoman. 


Desain arsitektur masjidnya terinspirasi oleh Hagia Sophia yaitu perpaduan antara arsitektur romawi dengan Islam, oleh karena itu dibuat sangat simetris dan melambangkan garis kekuasaan para sultan yang memerintah Turki pada zaman Ottoman. Ukuran pada bangunan utama masjid Sulaiman memiliki panjang 59m dan lebar 58m, memiliki 28 kubah (bentuknya diadopsi dari Dome of The Rock di Palestina) dan kubah utamanya berukuran setinggi 53m dengan diameter 27,25m. Dan juga terdapat beberapa menara yang menjulang tinggi di keempat sisinya, dua menara memiliki tinggi 76m dan dua lainnya 56m. Jumlah menara yang ada melambangkan Sultan Sulaiman I sebagai sultan keempat kesultanan Utsmaniyah. Dan juga terdapat sepuluh balkon yang memiliki lambing kedudukan Sultan Sulaiman sebagai sultan kesepuluh yang mengikuti Sultan Osman I yang merupakan pendiri dinasti Ottoman.

Di dalam kompleks masjid juga terdapat beberapa ruangan yaitu ruang berdoa (cami), dapur umum (imaret) dan rumah sakit (darussifa).

Penggunaan keramik dekoratif, bati granit, permata, gading gajah dan hiasan kaca patri di seluruh jendela menjadikan masjid Sulaiman semakin indah dan sangat menakjubkan.

Kalimat kaligrafi yang ada di dinding Masjid Sulaiman
Keindahan arsitektur Masjid Sulaiman
Terdapat lampu-lampu kecil yang mengitari ruangan utama Masjid Sulaiman
Suasana di dalam masjid yang dipadati oleh jamaah muslim
Meskipun sempat terbakar pada tahun 1660, masjid Sulaiman dapat direnovasi kembali pada masa Sultan Mehmet IV. Dan tentunya tidak mengurangi keindahan yang ada di dalamnya. Dan sekarang masjid Sulaiman ini juga menjadi slah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh semua pelancong, khususnya pelancong yang ingin mengetahui lebih dalam sejarah Islam di masa Kesultanan Utsmaniyah di Turki.

Bonus gambar Masjid Sulaiman, disini memperlihatkan keindahan taman atau halaman depan masjid :D




Tidak ada komentar:

Posting Komentar