Kamis, 20 November 2014

MASJID ZEYREK CAMII



Beralih ke Masjid Zeyrek Camii.
Capcusss !!!
 
Perpaduan yang sangat cantik antara bangunan kuno dengan taman yang serba hijau
MASJID ZEYREK CAMII terletak di Istanbul, Turki. Masjid Zeyrek Camii dulunya berfungsi dan digunakan sebagai gereja, yang bernama gereja Pantocrator yang merupakan salah satu tempat bersejarah dan penting di zaman periode Bizantium. Gereja ini didirikan oleh Ratu Eirene, yang merupakan istri dari Yohanes II Commenus yang dahulunya menyelesaikan gereja di bagian selatan sebelum meninggal dunia pada tahun 1124 (orang pertama yang dimakamkan di gereja tersebut, kemudian sarkofagusnya dipindahkan ke museum Arkeologi pada tahun 1960-an, akan tetapi sekarang berada di exonarthex, Hagia Sophia, Turki). Pembuatan gereja didedikasikan untuk St Saviour Pantocrator. Sedangkan bagian utara kemudian ditambahkan oleh Kaisar Yohanes II Commenus setelah Ratu Eirne meninggal dunia. Dan dibagian ini didedikasikan untuk Virgin Eleousa.

Miniatur Masjid Zeyrek Camii
Kemudian gereja Pantocrator diubah menjadi sebuah masjid saat Konstatinopel jatuh pada abad ke-15. Dan biara yang ada didalamnya diubah menjadi sebuah madrasah sebagai tempat pembelajaran agama Islam.

Bangunan ini merupakan penggabungan dari dua gereja dan kapel, sehingga menjadi salah satu gereja terbesar kedua setelah Hagia Sophia di Istanbul, Turki. 

Adanya taman kecil yang semakin mempercantik halaman Masjid
Struktur pembangunan Masjid yang masih menggunakan batu bata alami
Landscape yang memperlihatkan kepadatan rumah penduduk Turki yang disela-selanya terdapat Masjid Zeyrek Camii
Bangunan Masjid yang masih terlihat seperti gereja
Di samping masjid Zeyrek Camii ini terdapat makam seorang wali agung yang bernama Mehmet Emin Tokadi Hazretleri. Dan karena sejarah yang terkandung di masjid ini sangat tinggi, maka tidak heran apabila Masjid Zeyrek Camii termasuk kedalam tempat wisata bersejarah yang wajib dikunjungi.

1 komentar:

  1. masjid zeyrek cami merupakan anugrah yang luar biasa indah didunia subhanaallah :)

    BalasHapus